Evaluasi Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE)

Pada artikel kali ini masih membahas lingkup alat permainan edukatif bagi perkembangan anak usia dini, di artikel yang saya buat sebelumnya sudah dibahas mengenai APE (alat permainan edukatif) untuk mengembangkan aspek kognitif, motorik kasar, motorik halus, dan bahasa anak usia dini dan desain pembuatan APE. Akan tetapi, pada artikel ini akan dibahas mengenai evaluasi pengembangan alat permainan edukatif.

Alat permainan edukatif adalah alat permainan yang memang dirancang terutama untuk mendukung kegiatan pembelajaran anak secara efektif, menyenangkan, serta sebagai sarana yang dapat merangsang aktivitas anak untuk mempelajari sesuatu tanpa anak menyadarinya. Alat permainan edukatif tentunya sudah dirancang secara multiguna sehingga anak dapat melatih berbagai motorik halus, mengenal konsep warna, bentuk dan ukuran. Dan Alat Permainan Edukatif (APE) merupakan alat permainan untuk anak usia dini yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, yang mana dalam penggunaannya bisa disesuaikan menurut usianya serta tingkat perkembangan anak yang bersangkutan.

Perlu diketahui bahwasannya tumbuh kembang anak yang pernah menggunakan alat permainan edukatif mempunyai perbedaan dalam pemberian stimulasi, anak yang pernah menggunakan alat permainan edukatif tentunya mendapat stimulasi yang lebih dibandingkan dengan anak yang tidak menggunakan alat permainan edukatif.

Adams (1975) mendefinisikan Alat Permainan Edukatif sebagai segala bentuk permainan dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan atau pengalaman belajar kepada para pemainnya, termasuk permainan tradisional dan modern yang diberi muatan pendidikan dan pengajaran.

Manfaat yang dapat di rasakan dengan menggunakan APE sebagai penunjang pembelajaran ketika APE di gunakan secara maksimal. Fungsi dan manfaat APE sebgaai pengembangan dan perkembangan aspek anak di dapat dari penyesuaian APE yang di gunakan. APE akan sesuai dengan penggunaan ketika pada saat proses desain APE di rancang sesuai dengan aspek perkembangan.

Perlu diketahui, bahwa Alat Permainan Edukatif (APE) yang digunakan pada anak usia dini sebagai sumber dan media pembelajaran tentunya memiliki fungsi. Fungsi tersebut  hadir guna untuk melengkapi  setiap  makna dalam alat permainan edukatif itu sendiri. Selain itu fungsi dari Alat Permainan Edukatif (APE) itu tampak jelas apabila dilihat dari proses penerapan belajar mengajar, hal tersebut dapat diketahui apakah fungsi dari alat permainan tersebut  dapat mengedukasi anak    untuk pemenuhan  belajar atau menjadikan  tidak maksimal di setiap prosesnya sehingga dari fungsi-fungsi tersebut adanya  penilaian atau evaluasi. 

Yang dimaksud dari fungsi penilaian alat permainan edukatif adalah penilaian pengembangan atau stimulus dari aspek perkembangan anak yang terdapat pada alat permainan edukatif. penilaian aspek perkembangan pada alat permainan edukatif yang dimaksud tersebut harus terukur, kontinyu, dan menyeluruh sesuai tingkat perkembangan anak.

Perlu diingat, penilaian fungsi alat permainan edukatif bahwa mengembangkan atau menstimulus setiap aspek perkembangan entah itu fisik, motorik, bahasa, maupun kognitifnya pada anak usia dini sangatlah penting untuk dievaluasi karena dengan evaluasi atau penilaian pada setiap proses perkembangan anak dapat dijadikan perbaikan terhadap perkembangan selanjutnya dan guru bisa merancang ulang alat permainan edukatif sesuai dengan stimulus aspek tersebut.

Sekian, Terimakasih 

Semoga bermanfaat 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APE menurut Montessori, Peabody, Froebel, & Criussenaire

FUNGSI, TUJUAN, DAN KRITERIA ALAT PERMAINAN EDUKATIF BAGI ANAK USIA DINI

APE untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak Usia Dini